HARAPAN TIDAK PERNAH SIRNA


Sebagai seorang pendidik, tentunya kita memiliki harapan – harapan besar yang kita wujudkan. Baik itu dalam jangka panjang maupun dalam jangka pendek. Harapan begitu penting dalam hidup, sebab tanpa harapan, hidup kita akan selesai.
Harapan yang ingin kita wujudkan tentunya harapan yang dirahmati dan diridhoi Allah. Sesungguhnya harapan akan berbanding lurus dengan ilmu. Dalam surah Al – Hijr : 56 Allah berfirman : Ibrahim berkata : tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Allah, kecuali orang – orang yang sesat. Hanya orang – orang yang sesat ( mereka yang tidak memiliki ilmu ) yang telah berputus asa dari rahmat Nya. Banyak orang yang merasa sudah berilmu, tetapi jika ia masih berputus asa, maka dialah yang termasuk golongan orang yang sesat. Untuk itu, agar kita terhindar dari rasa putus asa, kuncinya kita mau membuka hati untuk menerima ilmu dari manapun datangnya. Tidak ada ilmu yang sia – sia. Seringkali seseorang menutup hati karena ilmu yang didapat tidak sesuai dengan yang diinginkan. Kadang juga, banyak orang terjebak, mereka belajar bukan untuk mencari jalan yang benar, tetapi untuk membenarkan apa yang mereka lakukan. Jika ternyata tidak mendukung, maka ilmu itu akan ditolaknya. Karena itu, jika kita menemukan pengetahuan dan ilmu yang mungkin tidak kita disukai.
Pekerjaan, tugas, dakwah bisa jadi sebuah beban yang sangat besar. Saat kita merasa berat memikilnya, bahkan sampai pada diri ini mau jatuh. Kita harus mempunyai dasar yang kuat. Ibarat sebuah bangunan, kita harus membangun fondasi yang kuat tidak mudah roboh jika diterjang oleh apapun. Fondasi itu tiada lain adalah iman. Orang yang beriman akan merasakan semangat kembali, ketika mereka diingatkan dalam surah Al – Baqarah : 286 “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”
Semoga kita menjadi barisan diantara wanita mu’minah yang tidak pernah mengenal putus asa dan yakin bahwa harapan tidak pernah sirna selama iman ada di dada serta mampu mewujudkan harapan besar dalam hidup.

0 Response to "HARAPAN TIDAK PERNAH SIRNA"

Posting Komentar