MEMBACA

Mengapa membaca itu penting? Hmm…karena, kita dapat mengenal banyak bahasa, juga mendapat  wawasan yang banyak. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membaca, agar dapat menambah ilmu kalian. Apakah kalian tahu juga, bahwa membaca itu jendela ilmu? Maka kalau sering membaca, maka kamu akan membuka jendela dunia. Buku apa yang sering kalian baca? Apa buku novel, majalah, atau komik? Hmm…Buku apapun itu, baik novel, majalah ataupun komik itu dapat menambah ilmu dan bahasa kalian.
                Jadi, tidak perlu pilih-pilih lagi dech…, terutama jangan memilih dari penampilan luarnya, tetapi pilihlah isi dan ilmunya. Ada tips nich…bagi kalian yang tidak mau terjerumus dalam kesalahan, maka pilihlah bacaan yang sesuai ajaran agama Allah, yaitu agama Islam. Banyak orang jaman sekarang mencari ilmu dengan jalan yang salah. Biasanya digunakan untuk merugikan diri sendiri dan orang lain. Misalnya para pengguna narkoba. Para pengguna narkoba itu menggunakan narkoba dengan berlebihan. Tahu kenapa? Karena ilmu yang didapat digunakan secara salah. Akibatnya merugikan diri sendiri. Dalam ilmu kesehatan, sebenarnya narkoba itu digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit, atau penenang.
                Apakah kalian mau ilmu kalian yang selama ini kalian gali, malah kalian gunakan secara salah, yang akhirnya dapat merugikan kalian sendiri dan orang lain. Ilmu itu penting, agar membuat kita pintar, sukses dan tidak membuat kita bodoh. Ada yang mengatakan "carilah ilmu sampai ke negeri China" yang artinya, raihlah ilmu meskipun jauh dan berat. Dengan begitu, kalian akan menjadi pandai dan sukses. Jangan pernah menyerah, raihlah ilmu setinggi-tingginya, agar bisa meraih cita-citamu.
                Nah, sekarang kalian tahu mengapa membaca itu penting. Dengan membaca, kamu akan mendapatkan hasil yang berbuah manis.
                Ada tips buat kalian nich….Membaca memang penting, tapi kamu harus berhati-hati dalam membaca. Membaca harus betul, jangan membaca salah. Ada lho…orang yang membaca salah. Maksudnya salah itu bisa dikatakan dari membaca abjadnya, atau membaca dari bukunya sendiri. Hmm….pasti penasaran kan…? Mari baca lanjutan tulisanku ini. Awas jangan sampai salah lho…
                Membaca salah dari abjad itu misalnya membaca kata "Budi" malah dibaca "Bodi". Hahaha… artinya menjadi tubuh dong…bukan nama orang. Kalau membaca salah dari bukunya sendiri itu misalnya, kita masih usia anak-anak tapi kita membaca bacaan orang dewasa, jadi pikiran kita belum sampai. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam memilih bacaan atau buku. Jangan sampai keliru.
                Membaca itu harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat kamu membaca Al-Qur'an, kamu harus mengambil maknanya atau artinya, kemudian diterapkan atau diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi mesti berhati-hati lho kalau membaca Al-Qur'an , kalau membacanya salah, maknanya juga bisa salah. Itu bisa berakibat fatal. Selain itu harus berhati-hati juga dalam memilih buku. Harus dipilih buku yang bermutu yang akan mendidikmu. Membaca salah itu sangat berbahaya lho…bisa mempengaruhi karakter kita. Misalnya tadi, kalau kamu suka membaca buku yang belum seumuranmu, itu bisa mempengaruhi karaktermu saat kamu besar nanti. Jika kamu begitu, rubahlah sekarang juga sebelum terlambat.
                Apakah kamu sudah mempraktekkan tips diatas? Jika belum laksanakan ya…jika sudah alhamdulillah.  O iya, tulisan yang kamu baca ini adalah tulisan yang bermutu atau mendidik lho yang berguna bagi kalian. Terakhir, jangan lupa pesan ku ini ya. Jadilah karakter orang sukses, pandai dan beriman. Kuncinya jangan lupa MEMBACA, dan selalu BERDO'A kepada Allah SWT.

Virgina Alma Fadila
(Siswi kelas VI SD Integral Luqman Al Hakim Purwodadi)

Reaksi: 

0 Response to "MEMBACA"

Poskan Komentar